Additional Resource

COVID-19 Pemutakhiran (Indonesian)

Konferensi Umum April 2020

19 Maret 2020

Brother dan Sister Terkasih, 

Sebagaimana kita telah melihat banyak perubahan di seluruh dunia karena pandemi COVID-19, kami telah membuat penyesuaian terhadap pelayanan misionaris, pekerjaan bait suci, dan cara-cara di mana kita berkumpul serta beribadat.

Hari-hari terakhir ini telah mendatangkan pedoman baru dari para pakar di seluruh dunia. Setelah berembuk sebagai Presidensi Utama dan Kuorum Dua Belas Rasul, kami merasa adalah bijak untuk memodifikasi lebih lanjut format dari konferensi umum April 2020.

Setiap sesi akan disiarkan dari sebuah auditorium kecil di Temple Square [Taman Bait Suci]. Presidensi Utama akan mengetuai dan memimpin sesi-sesi tersebut, dan hanya mereka yang telah diundang untuk berbicara atau berdoa yang akan hadir. Musik untuk konferensi telah direkam sebelumnya.

Dengan membuat penyesuaian ini, kami merasa bahwa kita dapat membantu mereka yang berupaya untuk memperlambat penyebaran dan dampak dari pandemi ini. Kita bersyukur bagi mereka dan terus berdoa bagi mereka. Kami tersentuh dengan banyaknya cerita yang kami dengar tentang Pelayanan kepada mereka yang membutuhkan selama masa yang tidak menentu ini. Kami berdoa memohon berkat-berkat terpilih Bapa Surgawi bagi Anda semua.

Ini akan menjadi konferensi yang luar biasa. Pesan-pesan kebenaran, pengharapan, dan inspirasi akan berjaya sewaktu kita memperingati Pemulihan Injil Yesus Kristus dan berusaha untuk mendengarkan Dia.

Hormat kami, 

Presidensi Utama dan Kuorum Dua Belas Rasul 

_____

Pemutakhiran: Penyesuaian Sementara terhadap Peribadatan Bait Suci 

13 Maret 2020 

Brother dan Sister Terkasih, 

Kondisi kesehatan yang berubah cepat di seluruh dunia telah menjadi sumber meningkatnya keprihatinan. Banyak pemerintahan telah menempatkan restriksi yang mengharuskan penutupan sementara sejumlah bait suci. Sewaktu kita dengan penuh doa berupaya untuk menyeimbangkan batasan-batasan ini dengan kebutuhan untuk melaksanakan pekerjaan bait suci, kami telah memutuskan untuk membuat penyesuaian sementara berikut, yang berlaku mulai 16 Maret 2020, untuk semua bait suci di seluruh dunia.

  • Di mana restriksi pemerintah atau yang lainnya mengenai pengumpulan umum dan/atau keagamaan akan, pada dasarnya, menghalangi kegiatan bait suci, tata cara perwakilan dan yang masih hidup untuk sementara akan ditangguhkan.
  • Di mana restriksi pemerintah dan yang lainnya tidak menghalangi semua kegiatan bait suci, tata cara bait suci berikut untuk orang yang masih hidup akan diakomodasi sewaktu kapasitas memungkinkan hanya dengan janji: tata cara pemeteraian suami-dan-istri serta anak-kepada-orangtua dan tata cara pendahuluan serta pemberkahan bagi orang yang masih hidup. Untuk sementara, tata cara perwakilan bait suci tidak akan dilaksanakan.
  • Semua perumahan patron akan ditutup.

Para anggota Gereja akan diberi petunjuk ketika mereka menjadwalkan janji mereka untuk tata cara orang yang masih hidup. Individu-individu dengan janji yang telah dijadwalkan saat ini akan dihubungi oleh staf bait suci.

Langkah-langkah ini akan diambil di semua bait suci untuk meminimalkan risiko penyebaran penyakit, termasuk mengurangi staf bait suci, membatasi tamu dalam tata cara orang hidup, dan mengikuti pedoman untuk berinteraksi dengan para patron.

Informasi tambahan akan diberikan kepada presidensi bait suci, dan penyesuaian lebih lanjut akan dibuat sebagaimana diperlukan.

Kami menantikan dengan antisipasi besar pada waktu ketika bait suci dapat kembali beroperasi dalam kapasitas penuh dan mencurahkan berkat-berkat pekerjaan bait suci kepada para anggota dan leluhur mereka.

Hormat kami, 

Presidensi Utama dan Kuorum Dua Belas Rasul 

_____

Pemutakhiran: Pengumpulan Anggota Gereja untuk Sementara Ditangguhkan di Seluruh Dunia

Para pemimpin setempat akan berembuk untuk menentukan bagaimana menjadikan sakramen tersedia bagi para anggota setidaknya satu kali sebulan.

Presidensi Utama dan Kuorum Dua Belas Rasul Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir mengirimkan surat berikut tertanggal 12 Maret 2020 kepada para anggota Gereja di seluruh dunia.

Brother dan Sister Terkasih,

Mulai segera, semua pengumpulan publik para anggota Gereja untuk sementara ditangguhkan di seluruh dunia sampai pemberitahuan lebih lanjut. Ini mencakup:

  • Konferensi pasak, konferensi kepemimpinan, dan pengumpulan besar lainnya.
  • Semua acara kebaktian publik, termasuk pertemuan sakramen.
  • Kegiatan cabang, lingkungan, dan pasak.

Apabila memungkinkan, mohon mengadakan pertemuan kepemimpinan esensial apa pun melalui teknologi. Pertanyaan-pertanyaan khusus dapat dirujuk ke pemimpin imamat setempat. Arahan lebih lanjut terkait dengan masalah-masalah lainnya akan diberikan.

Para uskup hendaknya berembuk dengan presiden pasak mereka untuk menentukan bagaimana menjadikan sakramen tersedia bagi para anggota setidaknya satu kali sebulan.

Kami mengimbau para anggota dalam upaya Pelayanan mereka untuk saling memelihara. Kita hendaknya mengikuti teladan Juruselamat untuk memberkati dan meneguhkan sesama.

Kami memberikan kesaksian kami akan kasih Tuhan selama masa yang tidak menentu ini. Dia akan memberkati Anda untuk menemukan sukacita sewaktu Anda melakukan yang terbaik untuk menjalankan Injil Yesus Kristus dalam setiap keadaan.

Hormat kami,

Presidensi Utama dan Kuorum Dua Belas Rasul

Style Guide Note:When reporting about The Church of Jesus Christ of Latter-day Saints, please use the complete name of the Church in the first reference. For more information on the use of the name of the Church, go to our online Style Guide.